Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan proses pemberian kesempatan kepada sang bayi untuk memulai (Inisiasi) menyusu sendiri segera setelah lahir. Bayi dibiarkan mencari puting susu ibunya sendiri, tidak disodorkan ke putting susu. Bayi yang baru lahir memang bisa menyusu sendiri, tidak perlu disusui ibunya. Setiap bayi punya naluri yang kuat untuk mencari puting ibunya, asal diberi kesempatan menyusu segera setelah lahir. Artinya KESEMPATAN INI DIBERIKAN SEBELUM BAYI DIBERSIHKAN, DITIMBANG DAN DIUKUR. Setelah IMD, bayi baru dipisahkan untuk ditimbang, diukur dan diberi vitamin K. Adanya skin to skin contact pada saat IMD memberikan manfaat yang besar.

Manfaat "skin to skin contact" diantaranya

  • menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat (menurunkan kematian karena hipotermia),
  • memindahkan bakteri normal dari kulit ibu ke bayi (menghindari serangan bakteri berbahaya / infeksi dari lingkungan sekitar)
  • sentuhan dan isapan bayi pada puting susu ibu merangsang keluarnya hormon okstitosin yang menyebabkan kontraksi rahim sehingga MEMBANTU PENGELUARAN PLASENTA DAN MENGURANGI PERDARAHAN.
  • perasaan ibu dan bayi merasa lebih tenang, rileks, dan lebih mencintai bayinya.

IMD mempunyai manfaat yang besar untuk bayi maupun sang ibu yang baru melahirkan. Oleh karena itu, para ibu kami anjurkan untuk berkonsultasi ke Tim Konselor Laktasi Stella Maris guna persiapan matang untuk melakukan IMD.