Kelas Pijat Bayi

Nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi dini pada bayi dan balita adalah penting. Faktor-faktor ini berperan besar dalam mendongkrak kecerdasan multipel dan kreativitas anak. Kebutuhan fisik-biologis berguna untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik, dan motorik, kebutuhan emosi kasih sayang untuk mempengaruhi kecerdasan emosi, inter dan intrapersonal, sementara stimulasi dini untuk merangsang kecerdasan-kecerdasan lain. Kebutuhan stimulasi meliputi rangsangan yang terus menerus dengan berbagai cara untuk merangsang semua sistem sensorik dan motorik, salah satunya adalah dengan pijat bayi, atau yang dikenal dengan stimulasi sentuh.

Pengaruh positif atau manfaat pijat bayi sendiri bagi tumbuh kembang anak telah lama diketahui.

Sepuluh (10) Manfaat Pijat Bayi :

  • Bayi lebih sehat dengan pijatan. Pijatan yang diberikan terhadap bayi setiap hari selama 20 menit selama sebulan ternyata tak hanya membuat bayi lebih rileks, tapi dapat membantu menstimulasi saraf otaknya.
  • Mengembangkan komunikasi. Pijat bayi menggabungkan aspek kedekatan yaitu kontak mata, saling tersenyum dan ekspresi wajah yang lain.
  • Mengurangi stres dan tekanan. Pijatan dapat menenangkan dan menurunkan produksi hormon adrenalin yang selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
  • Mengurangi gangguan sakit, pijatan dapat membantu bayi mengusir gejala kembung, kolik (rewel dan menangis) serta membantu bayi tidur lebih nyenyak. Pijatan juga memperlancar udara di perut sehingga membantu mengeluarkan gas yang terjebak di sana.
  • Mengurangi nyeri, pijatan yang lembut membantu tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin. Kedua hormon itu dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil.
  • Meningkatkan ASI. Pijatan membuat bayi cepat merasa lapar karena penyerapan makanan menjadi lebih baik. Akibatnya, bayi lebih sering menyusui. Semakin sering diminta, ASI yang diproduksi semakin banyak.
  • Meningkatkan berat badan.
  • Meningkatkan pertumbuhan.
  • Meningkatkan konsentrasi bayi. Umumnya bayi yang dipijat akan tertidur lebih lelap sehingga pada waktu bangun konsentrasinya akan lebih penuh.
  • Membina ikatan kasih sayang orang tua dan anak.

 

Bagi bayi prematur, pijat bayi terbukti memberikan dampak positif untuk mempercepat kesiapannya hidup normal seperti bayi yang usianya sebulan di atasnya pada tujuh hari pertama pemijatan. Hasil penelitian dari University of Miami Medical School menunjukkan bahwa bayi prematur yang dipijat setiap hari akan mengalami pertambahan berat badan 47% dari bayi yang tidak dipijat, meskipun mereka diberi asupan kalori yang sama.

Perawat-perawat berpengalaman siap memberikan pijatan lembut pada bayi Anda yang membantu bayi tidur lebih nyenyak, meningkatkan berat badan bayi dan kepekaan bayi secara umum.